Apa Itu Pijat Refleksi? Ini Pengertian dan Manfaatnya

Pusing dan stres dengan kesibukan yang tiada habisnya? Butuh cara untuk mengatasinya, tapi waktu mepet? Pijat refleksi mungkin bisa menjadi salah satu opsi yang patut Anda pertimbangkan. Namun, apa itu pijat refleksi? Apa bedanya dengan pijat biasa?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, simak uraian pengertian pijat refleksi, perbedaan pijat refleksi dengan pijat biasa, dan informasi lainnya di bawah ini.

Apa Itu Pijat Refleksi?

gambar kaki refleksi

Pijat refleksi adalah alternatif terapi fisik yang pada praktiknya memanfaatkan area tubuh tertentu seperti kaki, tangan, dan telinga untuk meredakan masalah tubuh. Terapi ini juga dikenal dengan terapi zona yang diadaptasi dari pengobatan tradisional China.

Dalam teori refleksiologi, setiap titik refleksi memiliki keterkaitan dengan organ atau bagian tubuh tertentu yang digambarkan ahli terapi pada sebuah peta.

Nantinya, peta refleksi akan terapis gunakan untuk memberikan treatment yang tepat.[1] Lebih jelasnya, Anda bisa lihat gambar kaki refleksi di atas.

Penerapan teknik pijat dan kadar tekanan tertentu pada zona refleksi bertujuan untuk menyeimbangkan energi vital tubuh, meningkatkan kesehatan, dan menstimulasi proses penyembuhan alami.

Apa Perbedaan Pijat Refleksi dan Pijat Biasa?

cara kerja pijat refleksi

Cara kerja pijat refleksi adalah dengan memberikan sentuhan atau tekanan (mencubit, menekan) pada area tertentu yang terkoneksi dengan area pusat sakit yang menyebabkan tubuh tidak nyaman. Yang boleh melakukannya hanya terapis ahli.

Karena prosesnya ini, sering kali orang bingung antara pijat refleksi dan pijat biasa. Meskipun keduanya melibatkan sentuhan dan tekanan, ada beberapa perbedaan penting yang mendasari keduanya.

Pada pijat biasa, terapis fokus pada saraf otot, sendi, dan jaringan lunak tubuh. Sedangkan pijat refleksi memanfaatkan zona-zona khusus refleksi yang ada di area kaki (telapak, punggung, hingga betis), tangan, dan kuping.

Tujuan dari pijat biasa adalah meredakan kekakuan atau otot yang tegang, meredakan nyeri dan ngilu, juga melancarkan jalur edar darah ke seluruh tubuh. Sementara tujuan pijat refleksi untuk menyeimbangkan kembali energi tubuh dan memengaruhi organ juga sistem tubuh tertentu, untuk mengatasi masalah pada tubuh.

Secara tidak langsung, keduanya bisa untuk mengatasi masalah fisik, namun penerapannya berbeda.

Manfaat Pijat Refleksi

manfaat pijat refleksi

Bukan hal rahasia jika pijat refleksi terkenal akan manfaat luar biasanya bagi kesehatan dan kebugaran seseorang.

Beberapa manfaat pijat refleksi bagi kesehatan meliputi:

1. Meredakan Stres dan Kecemasan

Sejumlah manfaat psikologis yang mungkin Anda rasakan setelah menjalankan refleksiologi ialah

  • mood meningkat [2] 
  • stres mereda,
  • tubuh lebih energik,
  • kualitas tidur membaik [3]
  • kecemasan berkurang.

Bahkan, pengaplikasian teknik khusus oleh terapis dalam praktiknya mampu memicu respons relaksasi parasimpatis yang bisa menjadi lokasi homeostasis. Selanjutnya, ini akan mem-booster penyembuhan alami dan mempertahankan keseimbangan energi vital tubuh.[4] 

Teknik-teknik yang diterapkan juga dapat menstimulasi pelepasan endorfin, hormon yang bertanggung jawab untuk perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Melancarkan Peredaran Darah di Seluruh Tubuh

Dalam praktiknya, pijat refleksi memanfaatkan dua teknik, yaitu reflexology dan massage. Kedua teknik tersebut mengombinasikan sentuhan dan tekanan (mencubit, mengurut, juga menekan) bagian tertentu dengan bantuan lotion atau minyak khusus agar prosesnya lebih mudah.

Dari kombinasi teknik ini bisa mengatasi penyumbatan aliran darah di seluruh tubuh, baik ke organ maupun jaringan tubuh yang pada gilirannya bisa mengoptimalkan oksigenasi dan nutrisi.

3. Mengatasi Nyeri, Ngilu, dan Otot Sendi yang Tegang

Nyeri kepala sebelah, sakit punggung, atau arthritis mampu memicu rasa tidak nyaman di tubuh akibat otot menegang dan refleksi terbukti efektif mengatasinya.

Efek Samping Pijat Refleksi

efek samping pijat refleksi

Pijat refleksi tergolong dalam terapi alami yang dinilai aman dan minim risiko alias hanya sebagian orang dengan kondisi khusus yang merasakan efek samping. Misalnya saja pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi, mungkin akan merasakan sejumlah efek samping, baik pada saat sesi pijat maupun setelahnya.

Beberapa efek samping yang mungkin hadir, yaitu.

1. Nyeri dan Memar

Ketika terapis terlalu besar memberi tekanan, Anda mungkin akan merasa nyeri. Sedangkan setelah sesi massage, Anda mungkin akan menemukan beberapa memar di tubuh.

2. Reaksi Alergi

Jika Anda memiliki alergi terhadap zat tertentu dalam produk perawatan, ada baiknya konsultasikan dengan terapis. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman menerima pemijatan tanpa memicu respons alami tubuh saat alergi terpacu.

Dengan mengomunikasikan alergi ini, terapis bisa mengganti produk lotion untuk proses pemijatan. Atau Anda bisa membawa sendiri jika khawatir tidak cocok dengan produk dari penyedia layanan pijat refleksi.

3. Manfaat Pijat Refleksi Bisa Berbeda pada Setiap Orang

Perlu Anda perhatikan bahwa kondisi orang berbeda-beda. Dalam hal ini, ada orang yang bisa langsung merasakan hasil atau manfaat dari pijat refleksi. Ada pula yang membutuhkan 2, atau lebih sesi pemijatan untuk merasakan hasilnya. Oleh karena itu, jangan langsung menganggap pijat refleksi tidak cocok dengan Anda.

Kapan Harus Pijat Refleksi?

kapan harus pijat refleksi

Tidak ada waktu yang tepat atau salah untuk mencoba pijat refleksi karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Namun, ada beberapa situasi atau kondisi tertentu yang mungkin memerlukan perhatian khusus.

Jika Anda mengalami kondisi kesehatan seperti pascaoperasi, asam urat, baru sembuh dari cedera, mengalami masalah pada kaki, atau masalah kesehatan lainnya, sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum melakukan pijat refleksi.

Selain itu, jika Anda sedang hamil, pastikan untuk memberi tahu terapis pijat refleksi Anda sehingga mereka dapat menyesuaikan teknik dan tekanan yang digunakan.

Anda bisa menemukan layanan ini di berbagai spa atau tempat pijat. Salah satunya di Truly Home Massage. Anda bisa hubungi WhatsApp admin untuk berkonsultasi dan reservasi. Tidak harus datang ke lokasi, Anda bisa memanfaatkannya untuk datang ke rumah, hotel, apartemen, atau lokasi yang menurut Anda nyaman.

Dengan memahami apa itu pijat refleksi, bedanya dengan pijat biasa, dan manfaatnya, Anda bisa mengambil langkah tepat untuk masalah tubuh Anda. Namun, penting untuk memilih terapis pijat refleksi profesional demi mendapatkan khasiat optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *